Pages

Bolehkah Tauriyah?

Mungkin banyak pembaca yang asing dengan kata "Tauriyah". Apa itu Tauriyah dan bagaimana hukumnya di tinjau dari sisi syariat Islam. Berikut penjelasan? Syekh Muhammad bin Utsaimin rahimahullah berkaitan tentang hal tersebut.

Syekh ditanya,

Apakah hukumnya Tauriyah? Adakah perincian padanya?

Beliau menjawab, Tauriyah adalah keinginan seseorang dengan ucapannya yang berbeda dengan dhahir ucapannya.

Hukumnya boleh dengan dua syarat:

Pertama, kata tersebut memberi kemungkinan makna yang dimaksud.
Kedua, bukan untuk perbuatan zhalim.

Jika seseorang berkata, "Saya tidak tidur selain di atas watad." Watad adalah tongkat di dinding tempat menggantungkan barang-barang. Ia berkata, "Yang saya maksud dengan watad adalah gunung." Maka ini adalah tauriyah yang benar, karena kata itu memberi kemungkinan makna tersebut dan tidak mengandung kezhaliman terhadap seseorang.

Demikian pula jikalau seseorang berkata, "Demi Allah, saya tidak tidur kecuali di bawah atap." Kemudian dia tidur di atas atap rumah, lalu berkata, "Atap yang saya maksudkan adalah langit. Maka ini juga benar. Langit dinamakan atap dalam firman-Nya,

"Dan kami jadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara," (Al-Anbiya': 32)

Jika tauriyah digunakan untuk perbuatan aniaya, maka hukumnya tidak boleh, seperti orang yang mengambil hak manusia. Kemudian dia pergi kepada hakim, sedangkan yang dianiaya tidak memiliki saksi. Lalu qadhi (hakim) meminta kepada orang yang mengambil hak tadi agar bersumpah bahwa tidak ada sedikit pun miliknya di sisi Anda. Maka dia bersumpah dan berkata, "Demi Allah, ma lahu 'indi syai' (tidak ada sedikit pun miliknya pada saya)." Maka hakim memutuskan untuknya.

Kemudian sebagian orang bertanya kepadanya tentang hal tersebut dan mengingatkannya bahwa ini adalah sumpah palsu yang akan menenggelamkan pelakunya di neraka. Dan disebutkan dalam hadits,

"Siapa yang bersumpah atas sumpah palsu yang dengan sumpah itu ia bisa mengambil harta seorang muslim, ia berbuat fasik padanya, niscaya ia bertemu Allah, dan Dia sangat murka kepadanya." (Muttafaq Alaihi)

Yang bersumpah ini berkata, "Saya tidak bermaksud menafikan (membantah), dan yang saya maksudkan adalah itsbat (menetapkan). Dan niat saya pada kata "ma lahu" bahwa 'ma' adalah isim maushul, artinya: Demi Allah, yang merupakan miliknya ada pada saya." Sekalipun kata itu memberikan kemungkinan makna itu, namun hal itu adalah perbuatan aniaya, maka hukumnya tidak boleh (haram). Karena inilah disebutkan dalam sebuah hadits,

"Sumpahmu berdasarkan pembenaran yang diberikan temanmu." (Riwayat Muslim)

Takwil tidak berguna di sisi Allah dan sekarang Anda telah bersumpah dengan sumpah yang palsu.

Jika seorang laki-laki, istrinya tertuduh melakukan tindakan jinayah (kriminal), sedangkan istrinya bebas (tidak bersalah) dari tuduhan itu, lalu ia bersumpah dan berkata, "Demi Allah, dia adalah saudari saya." Dan ia berkata, "Maksud saya dia adalah saudari saya dalam Islam." Maka ini adalah ta'ridh (sindiran/pemberian isyarat) yang benar, karena ia memang saudarinya dalam Islam, sedangkan dia dianiaya.

Kesimpulan:
Tauriyah adalah keinginan seseorang dengan ucapannya yang berbeda dengan dhahir ucapannya. Hukumnya boleh dengan dua syarat:
1. Kata tersebut memberi kemungkinan makna yang dimaksud.
2. Bukan untuk perbuatan zhalim.

Wallahu a'lam bisshawab

[Disalin dari kitab al-Fatawa asy-Syar'iyyah fi al-Masail al-Ashriyyah min Fatawa Ulama Albalad al-Haram, Edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Terkini, Penyusun Khalid al-Juraisiy, Penerjemah Musthafa Aini, Penerbit Darul Haq]

Terakhir Diperbaharui ( Monday, 05 Rabi'ul Awal 1430 06:41 )


Seorang Ibu yang Tidak Cantik

Ibu itu tampak letih. Dengan tubuh gemuknya, ia duduk meneduhkan diri di bawah pohon yang rindang. Duduk di kursi kayu yang seolah masih menjadi bagian dari pohon itu. Ia seperti melamun, entah memikirkan apa. Wajahnya biasa saja, dan ya, tidak cantik. Wajah itu hanya memancarkan irama kesabaran seorang ibu. Begitulah kira-kira kesanku.

Tak jauh dari sana, teriakan anak-anak yang tengah bermain di arena outbond terdengar lebih ceria dibandingkan kicau burung-burung di pucuk-pucuk pohon. Berkejaran, berlari, mengatasi rintangan. Tertawa senang, meringis ketakutan, bahkan yang hampir menangis pun, semuanya mendendangkan lagu kegembiraan.

Tiba-tiba seorang anak lelaki bertubuh ramping berlari-lari ke arah ibu tadi. Tanpa intro apa-apa, ia menghambur ke pangkuan sang ibu, dan berteriak senang, "Umi, aku berani! Aku bisa!"

Sang ibu tersenyum lebar, mengimbangi kegembiraan sang anak. Sang anak bercerita detail bagaimana ia melewati detik-detik mendebarkan ketika melakukan flying fox. Ia bercerita dengan susunan kata yang menggemaskan yang menggambarkan saat-saat seru tatkala terbang melintasi danau sambil berteriak.

Sang ibu mendengarkan dengan wajah yang nyata-nyata turut bangga, yang semakin membuncahkan kegembiraan sang anak. Nyatalah bagi sang anak, bahwa sang ibu adalah orang pertama yang berhak mengetahui prestasi terbaiknya. Hanya sang ibu. Bukan orang lain.

Tak lama kegembiraan itu pun terusik, ketika dating seorang anak yang lebih kecil, yang menghambur pula, namun dengan wajah murung. Rupanya ia iri dengan kegagahan kakaknya, dan merajuk untuk dibolehkan menjajal keberanian pula.

Sang ibu sedikit menunduk, membisikkan kata-kata entah apa untuk menghibur sang adik. Adik tadi masih merajuk, memeluk sang ibu dengan air mata yang mulai mengembang. Ibu tadi pun mempererat dekapannya, meluruhkan kegalauan hati sang anak. Bagi sang adik, sang ibu adalah tempat pertama baginya untuk menceritakan seluruh kegalauan hatinya. Bukan orang lain. Dan ia sungguh beruntung memiliki seorang ibu yang memiliki hati seluas samudera, yang mampu menampung apa saja keluh kesah sang anak.

Aku tak tahu apa saja yang dikatakan sang ibu, karena dialog privasi keluarga itu berlangsung lirih. Namun jelas sang adik telah terlipur. Wajahnya berangsur tenang. Keluh kesahnya telah tersampaikan. Sang ibu menampungnya dan menggantinya dengan mengalirkan kasih sayangnya. Kasih sayang yang ternyata mampu meredakan keluh kesahnya.

Pada titik ini, betapa redupnya kecantikan dibandingkan kilau cahaya kasih sayang. Betapa tak berartinya kecantikan di mata sang anak dibandingkan harapannya terhadap limpahan cinta sang ibu.

Sang kakak, yang telah puas berbagi bahagia dengan sang ibu, kembali melesat berlari, meninggalkan sang ibu, dengan semangat yang telah diperbarui. Sang adik menunggu di pangkuan sang ibu.

Bagi kakak yang baru lepas balita itu, dan adik yang masih balita itu, ibu barang kali adalah segalanya. Sehingga wajar jika Islam mengajarkan satu doa yang indah, "Wahai, Rabbku, sayangilah mereka berdua seperti mereka menyayangiku waktu aku kecil."
Lewat ibulah seseorang pertama kali mengenal kasih sayang, yang dengannya seorang anak manusia bisa belajar bahwa Allah itu Maha Penyayang. Maka guru pertama dari pelajaran cinta dan kasih sayang Allah adalah sang ibu. Wajar jika manusia pertama yang berhak mendapatkan bakti seorang anak manusia adalah sang ibu itu sendiri.

Namun ironisnya, bisa jadi lewat ibu pulalah seorang anak manusia belajar secara keliru tentang hakikat dunia ini. Bisa jadi pula ia keliru memaknai sifat-sifatNya. Seorang ibu yang kasih sayangnya meredup, teredam gejolak duniawi yang memang acap merontokkan keimanan, dapat menjadi guru yang teramat buruk untuk anaknya. Seorang ibu yang kesabarannya berganti dengan kegusaran, kata-kata manisnya terusir oleh hardikan, dan perhatiannya hanya kepada dirinya sendiri, alih-alih kepada anaknya, agaknya adalah seorang ibu yang harus rajin-rajin meminta kepada Allah agar dipulihkan kembali energi kasih sayangnya. Energi yang sejatinya ada pada diri setiap manusia, yang telah Allah titipkan sejak ia lahir.

Ibu yang tak mampu mengenalkan anaknya kasih sayangNya, betapapun cantiknya ia, takkan menjadi pelabuhan bagi anaknya untuk belajar menjadi hamba Allah yang sempurna.

Namun bagaimana jika kita temukan kasih sayang yang berpadu dengan kecantikan? Jika kita menerima anugerah tak terperi seperti ini, kita harus mengimbangi geletaran jiwa ini, dengan kata-kata subhanallah, wal hamdulillah, wallahu akbar!

Angin Laut: Cara Perempuan Mendengar

dari milis tetangga




Angin Laut: Cara Perempuan Mendengar

"Hi darling! You look so beautiful !" Seorang bule umur 40an tersenyum memperhatikanku berlari menghindari ombak agar tidak menyentuh kakiku, pagi tadi saat seperti biasa aku running & jogging di Kuta-Legian-Kerobokan Beach 6.15 - 7.45am wita. Aku tersenyum dg kosakata LOOK. LOOK means NOT really. Atau bisa jadi yg beautiful itu caraku menghindari ombak. Anyway, aku sudah terbiasa dg kosakata pria.
Ada yg berbeda jika comments itu dari pria. Seperti: "Pagi, cantik mau kemana?" tidak tau apa yg salah dari ucapan, expresi, orangnya atau intonasi lagunya biasanya aku mengernyitkan dahi dan mengabaikan perasaan tidak bengitu suka.

Apa yg sebenarnya perempuan ingin dengar?
Kenapa wanita suka dirayu? Kenapa wanita suka dipuji? Masalah mereka adalah di cara mereka mendengar, suka mendengar yg ga jelas seperti suara angin laut!

Kaum yg mostly tidak tahan, tidak siap dg kejujuran & tidak benar benar mau tau ttg kebenaran, lebih memilih mendengar yg yg diPIKIR, di RASA daripada the real meaning words. Bearapa kali saya bilang: CINTA BUTA hanya ada ketika kamu menutup diri dari kebenaran dan berpura-pura kenyataan berjalan seperti yg kamu inginkan.
Bukan pria yg kejam & jahat atas sedih dan derita wanita, karena seringkali mereka kehilangan kata & sikap untuk membuat wanita mengerti tanpa menyakiti.

Tidak ada pria yg akan memulai 'kejahatan' soft or hard tanpa thread ATAU kesengajaan wanita mempathnya. Seperti sejatinya manusia, they made in heaven. Coba pikir2 lagi bahwa sebenarnya sejak kecil kita diajar untuk menjadi peka lahir & batin agar aware thdp hidup di kedepannya.
TOPH, the earth bender master dlm Avatar Aang, dia mengajarkan untuk 'benar2' mendengar..................... lalu menunggu saat yg tepat untuk bertindak.
Ketika seseorang bilang: I LOVE YOU, baby!, it's not meaning true love because he can say that to everyone, even your buddy or pets.
Satu lagi, jika pria sudah menggunakan kata terlalu banyak untuk menjelaskan perasaannya lalu terdapat banyak kata karena, lalu, jika tidak, lalu kalimat2nya menjadi complicated. Finally he will say: I love you forever and FOREVER mean GOOD BYE!
Pria punya banyak kosakata menjebak. Jangan sakit hati jika aku blak2kan bilang: "He didn't love you!!!" or "He's lying.....!"

Menikah adalah satu option untuk kamu bisa percaya atau mempercayakan hati or hidupmu. Guarantee tertinggi dari hubungan meski tidak sedikit fakta menyatakan seringkali homo sapien zaman ini mengejar itu hanya untuk STATUS atau COVER to look GOOD.

Aku menangis waktu selesai mendapat telpon sahabat baikku karena tahu dia akan segera menikah. Aku sedih mungkin akan kehilangan dia selamanya, atau yg lebih mungkin karena aku tau dia akan kehilangan dirinya untuk selamanya. Suaranya seperti bukan senang akan menikah, dia menikah untuk budaya karena mungkin itu pilihan yg bisa diterima.

Aku tak ingin merusak kepercayaanmu atas cinta & pernikahan yg kau bentuk sendiri. Ada baiknya kamu tanya siapa diri kamu dan apa yg kau inginkan sebenarnya. Menjadi dirimu sendiri yg sejati saja tidak sanggup lalu kenapa menginginkan orang lain bisa menerima kamu?

AIR - belajar untuk membebaskan dirimu dari anggapan2.. bebaskan dari belenggu budaya.. dari keinginan 'seperti'
WATER - cinta akan memberi hidup yg baik jika kamu bisa melepaskan dia seperti adanya, bukan mengarahkan melawan kodratnya
FIRE - kekuatan hasrat yg membakarmu menjadi matang bukan musnah
EARTH - ketahanan untuk commit
LIGHT - ageless, timeless

Dengan kelima indra tubuhmu, kamu bisa menangkap sense dari tanah, jalan, pohon, gunung, laut, bulan, matahari, pasir, pagar, rumah, rawa, sungai, etc2 banyak hal. Bukan untuk berpose lalu jepret and upload di fesbuk atau jd wallpaper.................................................... all about the meaning of life.

Let's learn more and more and be master of your destiny!
Don't be sad! Derai2 airmatamu tak sanggup membersihkan dua ember pakaian apalagi mengubah takdirmu!
Compain & keluhanmu tak kan membuat dunia jadi ramah & membahagiakanmu!

Smile donkkk...... ! kan ada Fairy Nusantara, she will heal you, just need master card pay me and to be a master of 5 elements, :D :D :D


10 ALASAN WANITA ENGGAN BERJILBAB & BERCADAR

  1. Jilbab tidak menarik. Jawabnya seorang wanita muslimah harus sudi menerima kebenaran agama Islam, dan tidak mempermasalahkan senang atau tidak senang. Sebab rasa senangnya itu diukur dengan barometer hawa nafsu yang menguasai dirinya.
  2. Takut durhaka kepada orang tuanya yang melarangnya berpakaian jilbab. Jawabnya adalah Rasulullah SAW telah mengatakan agar tidak mematuhi seorang makhluk dalam durhaka kepada-Nya.
  3. Tidak bisa membeli pakaian yang banyak memerlukan kain. Jawabannya, orang yang mengatakan alasan seperti itu adalah karena (pertama) ia benar-benar sangat miskin sehingga tidak mampu membeli pakaian Islami. Atau (kedua) karena dia Cuma alasan saja, sebab ia lebih menyukai pakaian yang bugil sehingga tampak lekuk tubuhnya atau paha mulusnya bisa kelihatan orang.
  4. Karena merasa gerah dan panas. Jawabannya, wanita muslimah di Arab yang udaranya lebih panas saja mampu mengenakan pakaian Islami, mengapa di negara lainnya tidak? Dan orang yang merasa gerah dan panas mengenakan pakaian Islami, mereka tidak menyadari tentang panasnya api neraka bagi orang yang membuka aurat. Syetan telah telah menggelincirkan, sehingga mereka terasa bebas dari panasnya dunia, tetapi mengantarkannya kepada panas api neraka.
  5. Takut tidak istiqamah. Mereka melihat contoh wanita muslimah yang kurang baik 'Buat apa mengenakan jilbab sementara, Cuma pertama saja rajin, nanti juga dilepas'. Jawabannya adalah mereka mengambil sample (contoh) yang tidak cocok, bukan wanita yang ideal (yang istiqamah) menjalankannya. Ia mengatakan hanya untuk menyelamatkan dirinya. Dan ia tidak mau mengenakan jilbab karena takut tidak istiqamah. Kalau saja semua orang berfikir demikian, tentunya mereka akan meninggalkan agama secara keseluruhan. Orang tidak akan shalat sama sekali karena takut tidak istiqamah, begitu pula puasa dan ibadah lainnya.
  6. Takut tidak laku kawin, jadi selama ia belum menikah, maka ia tidak mengenakan jilbab. Jawabannya, adalah ucapan itu sebenarnya tidak sebenarnya. Justru berakibat buruk pada dirinya sendiri. Sesungguhnya perkawinan adalah nikmat dari Allah yang diberikan kepada siapa saja yang dikehendaki. Sebagian besar orang audah meyakini bahwa jodoh di tangan Tuhan. Betapa banyak gadis yang berjlbab dan menutup aurat dalam berbusana tetapi lebih cepat mendapatkan jodoh dibandingkan mereka yang berpakaian seksi. Karena wanita yang menyukai pakaian seksi akan dijadikan permainan bagi laki-laki iseng. Gadis-gadis berpakaian seksi dipandang sebagai gadis murahan. Sesungguhnya suami-suami yang menyukai wanita-wanita yang berpakaian 'berani', setengah bugil atau beneran, membuka aurat dan bermaksiat kepada Allah adalah bukan tipe suami yang baik, yang shalih dan berjiwa besar. Ia tidak punya rasa cemburu sama sekali terhadap larangan-larangan Allah dan tidak dapat memberikan pertolongan kepada isterinya kelak. Jadi jika wanita yang menyukai pakaian seksi atau melepaskan jilbab dengan tujuan mendapatkan jodoh yang baik, maka hal itu sungguh merupakan suatu kebodohan.
  7. Menampakkan anugerah tubuh yang indah atau ingin menghargai kenikmatan yang diberikan Allah kepadanya. Jawabnya menghargai atau bersyukur itu dengan porsi yang benar. Bersyukur itu dengan mengahrgai perintah-Nya, yakni menjaga aurat, bukan dengan mengobralnya.
  8. Belum mendapat hidayah, jilbab itu ibadah. Jika Allah memberi hidayah, pasti kami akan mengenakannya. Jawabnya, Allah menciptakan segala sesuatu itu ada sebab-sebabnya. Misalnya orang yang sakit jika ingin sembuh hendaknya menempuh sebab-sebab bagi kesembuhannya. Adapun sebab yang harus ditempuh adalah berikhtiar dan berobat. Sebab orang kenyang karena makan, dsb. Maka demikian pula orang yang ingin mendapatkan hidayah itu harus menempuh sebab-sebab datangnya hidayah yakni dengan mematuhi perintah-Nya mengenakan jilbab.
  9. Belum waktunya. Sebagian ada yang berkata bahwa mengenakan jilbab itu harus tepat waktunya, misalnya karena masih anak-anak atau masih remaja. Ada yang akan mengenakannya jika sudah tua. Atau jika sudah menunaikan ibadah haji. Jawabnya adalah alasan mengulur-ulur waktu itu hanyalah sebagai sekedar dalil pembenaran saja. Itu sama artinya dengan orang yang menunda-nunda shalat, menunggu sampai ia berusia tua. Apakah kita tahu kapan kita akan meninggal dunia? Sedangkan mati itu tidak mengenal usia, tua maupun muda.
  10. Tidak mau dianggap sebagai orang yang mengikuti golongan tertentu. Jawabannya, bahwa anggapan ini karena dangkalnya pemahaman terhadap Islam atau karena dibuat-buat untuk menutupi diri agar tidak dituduh melanggar syari'at. Sesungguhnya di dalam Islam itu hanya ada dua golongan, yaitu golongan Hizbullah, golongan yang senantiasa menaati perintah Allah dan golongan Hizbus Syaithan, yakni golongan yang melanggar perintah Allah.

I B U.......

Ibu merupakan kata tersejuk yang dilantunkan oleh bibir-bibir manusia. Dan "Ibuku" merupakan sebutan terindah. Kata yang semerbak cinta dan impian, manis dan syahdu yang memancar dari kedalaman jiwa.
Ibu adalah segalanya.
Ibu adalah penegas kita di kala lara, impian kita dalam rengsa, rujukan kita di kala nista.
Ibu adalah mata air cinta, kamuliaan, kebahagiaan dan toleransi. Siapapun yang kehilangan ibunya, ia akan kehilangan sehelai jiwa suci yang senantiasa merestui dan memberkatinya. alam semesta selalu berbincang dalam bahasa ibu. Matahari sebagai ibu bumi yang menyusuinya melalui panasnya.
Matahari tak akan meninggalkan bumi sampai malam merebahkannya dalam lentera ombak, syahdu tembang beburungan dan sesungaian.
Bumi adalah ibu pepohonan dan bebungaan.
Bumi menumbuhkan, menjaga dan membesarkannya. Pepohonan dan bebungaan adalah ibu yang tulus memelihara babuahan dan bebijian.
Ibu adalah jiwa keabadian bagi semua wujud.
Penuh cinta dan kedamaian.

MUHAMMAD HILMI SYAFIQ

yah dan Bunda memberiku nama MUHAMMAD HILMI SYAFIQ, tapi cukup dipanggil SYAFIQ...

Kata Ayah dan Bunda namaku mempunyai arti, Muhammad artinya Terpuji...Hilmi artinya Sabar dab Berakal...Syafiq artinya Belas Kasih...


Aku lahir di RSIA Hermina Depok di tolong oleh Dr.Setia Budi, tapi dokter yang meriksa kesehatanku Dr.A.D.Pasaribu. Aku lahir hari Minggu jam 07.30 waktu orang-orang lagi upacara hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2001. Beratku 3550 gr dan panjangku 49 cm.


Insya Allah kelak Aku sudah besar Aku akan menjadi orang seperti yang Ayah dan Bunda inginkan sesuai dengan namaku, "Orang Terpuji yang Sabar dan Beakal penuh dengan Kasih Sayang".

MUHAMMAD HIRZI SYARAFI


yah dan Bunda memberiku nama MUHAMMAD HIRZI SYARAFI tapi cukup dipanggil HIRZI...

Namaku mempunyai arti Muhammad artinya Terpuji...Hirzi artinya Terpelihara Kukuh...Syarafi artinya Kemuliaan...

Aku lahir di RSIA Hermina Depok ditolong oleh Dr.Arju Anita, padahal selama Aku didalam perut Bunda yang meriksa kesehatanku Dr.Setia Budi (sama seperti Bang Syafiq), tapi waktu mau keluar dokternya ngga bisa datang untuk nolong Bunda. Aku lahir hari Kamis tanggal 5 Februari 2004 malam Jum'at jam 20.10. Berat-ku 3680 gr panjang-ku 49 cm. Oh, ya aku juga diperiksa oleh Dr.A.D.Pasaribu sama seperti Bang Syafiq.

Insya Allah kelak Aku udah besar Aku akan menjadi orang seperti yang Ayah & Bunda inginkan sesuai dengan namaku, "Orang Terpuji Yang Kukuh menjaga Kemuliaan".

RAINA ZALFA SYAKIRA

yah dan Bunda memberiku nama RAINA ZALFA SYAKIRA tapi cukup dipanggil RAINA...

Namaku mempunyai arti, Raina artinya Ratu...Zalfa artinya Mutiara...Syakira artinya Bersyukur...Ayah menyiapkan nama untukku sudah 7 tahun yang lalu sebelum aku dilahirkan loch...!
Aku juga lahir di RSIA Hermina Depok sama seperti abang-abangku, Dokter yang menolong persalinanku juga sama Dr.Setia Budi, tapi waktu mau lahir Bunda harus di operasi soalnya posisi-ku didalam perut Bunda melintang. Aku lahir hari Kamis tengah malam jam 00.22 tanggal 9 Oktober 2008. Berat-ku 3330 gr dan panjang-ku 49 cm. Aku juga diperiksa oleh Dr.A.D.Pasaribu sama seperti abang-abangku.
Insya Allah kelak Aku sudah besar Aku akan menjadi orang yang Ayah dan Bunda inginkan sesuai dengan namaku, "Ratu yang cantik seindah Mutiara dan selalu Bersyukur".

KHADIMAT

ang satu ini sudah tinggal bersama-ku hampir 15 tahun...namanya Muawanah, asli wong Magelang...awal ceritanya kakak iparku melahirkan anak ke-3 laki-laki yang diberi nama Sandy, namun dia sakit sehingga tidak bisa mengurusnya...Sandy kecil diasuh oleh nenek dari pihak kakak iparku...tapi beliau tidak bisa juga mengurusnya karena dari 11 anak yang dimilikinya hanya 1 laki-laki itupun cacat dan akhirnya meninggal...jadi beliau khawatir tidak bisa mengasuh Sandy kecil...sampailah Sandy dirawat oleh keluarga-ku (nenek, om-om dan tantenya...) waktu itu ibuku bekerja dan akupun baru lulus SMA sedang mencari-cari kerja dan kursus-kursus tambahan (aku tidak kuliah karena ayahku sudah meninggal dan ibuku harus menanggung biaya 3 orang anak dan 2 cucu)...

Kakak-ku yang nomor 4 punya pacar (yang sekarang jadi istrinya) bekerja di PJTKI...aku minta dicarikan calon TKW yang belum berangkat untuk latihan kerja dirumah...dialah mba Koidah...namun hanya 2 minggu dirumah karena dia mau pulang kampung dulu sebelum berangkat ke Saudi...sebelum pulang aku pesan agar dibawakan gantinya...singkat cerita mba Koidah kembali dengan membawa seorang teman...jadilah dia ini (teman mba Koidah) tinggal dirumahku...aku, kakakku selalu bertanya, "siapa namaya?"...berkali-kali kami tanya ngga pernah ada jawaban darinya...dan kakakku memutuskan untuk manggil dia RONO (nama yang populer sampai sekarang)...waktu kami masing-masing sudah berkeluarga dia memutuskan untuk ikut denganku karena aku yang lebih dulu punya anak...jadilah sampai saat ini dia tinggal denganku...aku juga ngga tau apa yang membuat dia betah...kalo gaji...aku bukan orang kaya yang sanggup bayar mahal dan secara finansial aku merasa belum sanggup harus punya asisten...

...nah ini yang namanya mba Rono...


Ditanya masalah kejujuran wah ngga diragukan dech...sama anak-anak juga telaten banget...aku ngga khawatir kalo harus ninggalin rumah lama-lama...cuma mba Rono ini agak sedikit kurang dengar jadi kalo bicara sama dia harus dibesarin dikit volumenya...banyak hal-hal lucu tentang mba Rono ini...pokoknya tunggu aja cerita selanjutnya...to be continue...!!!

NGGA BISA di TINGGAL

...horee Raina sudah bisa tinggi nda...
hati-hati ya sayang..!!
aaahh...sekarang udah ngga bisa ninggalin adek Raina sendirian nich...Raina kan dah bisa gulang-guling...masuk usia 6 bulan juga udah mulai nungging (aduh bahasa apa tuch!!)...tangannya juga udah bisa menopang badannya kalo kata orang jaman dulu tuch onggong-onggong...tadinya Raina bisa ditinggal dan Bunda bisa ngerjain yang lainnya...Raina di boboin di atas kasur dan dikasih benteng bantal dan guling juga udah aman...tapi hari ini Raina sudah bisa melewati benteng...aduh gimana nich, ngga bisa lengah sedikit aja bisa jatuh...padahal tadi bentengnya udah ditambah jadi tinggi...Rainaku bisa juga melewatinya... lhamdulillah perkembangan motorik kasar Raina sudah semakin baik...

BERAWAL.....

Berawal dari adanya beberapa teman yang tanya, "punya email ngga...?!"...waddoooh kenapa setiap temen tanya itu ya...trus temenku Intan juga pernah bilang..."mba buat blog aja, klo mau jualan enak pake internet"...apalagi tuch...?!...trus ngomong-ngomong dech sama Ayah...jadi aja dibuatin email dan gabung di Facebook...sempet cuma seminggu akunnya disable akhirnya ganti email dan password dech...nah, klo cerita blog lain lagi...berawal dari cari profil sekolah Casa Cendekia...ee, yang kebuka Azrakulove.blogspot...waaah, begitu aku liat dan liat timbullah keinginan tuk bikin seperti itu...bilang lagi sama Ayah...dibuatin lagi blog yang dikasih judul ...kucoba buka-buka dari banner yang ada di Azrakulove...makin banyak macam-macam bentuk layout, baground, jam...banyak dech yang membuat otakku berfikir untuk menciptakan sesuatu...tapi sayang keterbatasan ilmu yang kupunya membuatku harus banyak bertanya kepada Ayah dan akhirnya dibuatkan walaupun hasilnya tidak begitu sesuai dengan keinginanku...aku ucapkan terima kasih buat Bunda Azra dan Sarah yang udah menginspirasiku...buat Talitha's blog & sweet november yang tanpa izin udah dibuka-buka blognya...maaf ya..!!Thank's All...mmmmuuuaaaahhh...

TERNYATA...!!!

Aduuuuuuuuh...susahnya bikin blog...liat sana liat sini...edit sana edit sini...gimana sich...??? minta ajarin sama si Ayah (suami red)...uuhh cuma sekedar ngasih tau...katanya "kalo mau buat seperti ini...harus pake rumus"...kayak matematika aja ada rumusnya...trus tanya lagi sama Ayah..."Bisa ngga aku belajar atau ada bukunya biar bisa belajar sendiri...?"...Ayah bilang "udah lah ngga usah biar aku yang buatin"...Alhamdulillah sich Ayah mau berbaik hati buatin tapi...maunya aku kan ngga sama dengan Ayah...jadi dech apa yang udah ada dipikiran ngga bisa dituangkan dalam tulisan atau gambar atau apalah nama istilahnya yang aku ngga ngerti...wong aku ngga bisa bagaimana cara mengopersikan menu-menu yang ada dalam blog...jadi aja cuma bisa posting...tadinya juga ngga tau posting itu apa...he he he...buat aku bisa mengoperasikan komputer words, excel aja udah satu prestasi...gimana ngga...dulu jamannya masih SMP disekolah murid-murid diwajibkan belajar komputer...udah sampe disitu aja...!! Trus pernah juga sich kursus di BSI...ya yang didapet pelajaran itu tadi words n excel...makanya cuma bisa ngetik doang...ngga pernah kepikiran apalagi punya niat untuk belajar komputer lebih banyak lagi...yang namaya internetan chatting uuhh boro-boro tau dan gimana mau tau orang kerjaanku selama ini ngurus anak orang (jadi guru TK) jadi kan aku anggap ngga ada hubungannya sama yang gituan...sekarang dah jadi BEST WIFE FOR MY HUSBAND dan BEST MOTHER FOR MY SONS dan DAUGHTER (INSYAALLAH)...jadi pengen bisa paling ngga buat curhatan-ku, cerita-cerita My Children, pokoknya gitu dech...oh ya satu lagi nich kenapa aku ngga bisa...karena semua perintahnya pake bahasa inggris...wah aku kan biasa pake bahasa jawa jadi ngga nyambung dech he he he...

Senin, 13 April 2009

Seperti biasa, setiap Senin sampai bulan Juni ngajar nari di Semut Beriring School...pokoke setiap senin enyong cuapeek banget...dari jam 8 sampai jam 2 siang ngajar nonstop...jadi kalo sudah dirumah tepar dech...!!! tapi sebenarnya enak juga sich...itung-itung olah raga...kan selama ini udah ngga pernah gerak yang bisa nguras keringat banyak...cuma ya itu...kayaknya dah mulai lemot...lama loadingnya...jadi kalo pas mau ngarang gerakan lamayaaaaaaaa minta ampyun...apalagi yang berhubungan dengan gerakan laki-laki untuk anak-anak...aduuuuuuhhh sampe berkali-kali diulang juga ngga dapet-dapet gerakannya...abis kan waktu nari di sanggar ngga pernah dapet gerakan laki-laki...udah murid laki-lakinya pecicilan semua...namanya juga anak laki harusnya karate or taekondo kaleee...bukan nari...hehehe...abis kan ini ekskul wajib yang harus diikuti oleh semua murid...!!!

Picture Comments Myspace Comments


Minggu, 12 April 2009

Hari ini terakhir pelatihan
...setelah ikut pelatihan ini kan tambah ilmu, rencananya mau bikin semacam kursus..eh rumah belajar..eh klinik (mang rumah sakit)..aduh ngga tau ach apa namanya...yang penting niatnya berbagi ilmu ngumpulin anak-anak usia dini untuk diajarkan Berbahasa Indonesia dengan metode Fonik...Insyaallah...amin!!! Sebenarnya sich udah pernah bikin kursus dirumah untuk calistung + Iqro gitu...lumayan ada 5 murid untuk calistung belajar di sore hari (usia TK)...dan 5 anak belajar mengaji malam hari (kelas 3-6 SD)...cuma sekarang ngga lagi karena kemarin terpotong melahirkan...padahal anak-anak yang belajar mengaji malam udah minta mulai lagi tapi koq males banget ya...abis alasan anak-anak belajar ngaji supaya bisa main keluar karena dirumah terus bete, katanya!!...jadi kan niatnya bukan menuntut ilmu...makanya lebih baik ngga usah diteruskan aja...!!! Kalo sekarang nich niatnya dah bulet untuk kembali bikin tempat belajar...mudah-mudahan semua bisa berjalan ya...abis udah bete juga sich dirumah...walaupun sebenarnya kerjaan Ibu Rumah Tangga tuch ngga ada habisnya dari mulai bangun tidur sampe nanti mau tidur lagi...cuma kadang ngerasa jenuh aja...makanya mau buka tempat belajar dirumah untuk anak usia dini...

Sabtu, 11 April 2009

Hari ini aku mulai mengikuti pelatihan

...padahal 2 th yang lalu dah pernah...tapi lupa semua abis ngga pernah dipraktekin sih...wah, ternyata banyak yang berubah cara penyampaiannya...trus gimana cara kita mengintegrasikan ke anak-anak...alat peraganya juga beda banget...lebih komplit dan banyak variasinya...Alhamdulillah hari ini Bunda tambah ilmu lagi...!!! ya paling ngga bisa untuk ngajarin Hirzi dan Raina...

"...Album My3Sya..."