Pages

Rebutlah Hati Suamimu

stri yang bijak adalah istri yang dapat mengerti dan memahami kewajiban yang harus dilakukannya. Memahami bahwa mentaati suami merupakan salah satu kewajibannya. Dan bahwa mentaati suami dalam perkara yang bukan maksiat merupakan penyebab ia masuk ke dalam jannah.

Rasulullah Shallallaahi ‘alaihi wassallaam telah bersabda:

“Apabila seorang wanita telah mengerjakan sholat lima waktu, puasa bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, mentaati suaminya, maka akan dikatakan kepadanya: “Masuklah ke dalam jannah dari pintu manapun yang engkau suka”. (Shahih Al-Jami’ Al Kabir)

Ketahuilah, kewajiban utama seorang istri terhadap suaminya adalah mentaatinya dalam perkara-perkara yang bukan maksiat dan tidak menyeret kepada mudharat. Ketaatan istri ini akan memberikan pengaruh yang amat besar dalam menciptakan suasana keluarga yang harmonis. Dalam hadits tentang kisah delegasi kaum wanita, mereka menyebutkan tentang pahala yang diperoleh para lelaki dengan jihad, kemudian mereka bertanya, “Bagaimana kami dapat memperoleh keutamaan seperti demikian?”

Rasulullah Shallallaahi ‘alaihi wassallaam bersabda:

“Sampaikan kepada para wanita yang kalian jumpai bahwa mentaati suami dan menunaikan hak-haknya dapat menyamai semua keutamaan itu…” (HR. Al-Bazaar dan Ath-Thobrani)

Kewajiban kepada suami bukan berarti menihilkan kepribadianmu sebagai wanita. Bukan berarti hegemoni kaum lelaki terhadap wanita dan bukan pula berarti kehidupan rumah tangga menjadi ajang pertempuran, penentangan dan membuat keras kepala. Namun, merupakan kehidupan yang mana kesantunan menjadi ciri utamanya.

Sesungguhnya ketaatan istri kepada suaminya secara ma’ruf dan kecintaannya kepada suaminya bisa mengangkat kedudukannya di sisi Allah dan mendatangkan kebahagiaan dan ketenangan baginya. Dan suaminya juga akan mentaatinya dan menuruti keinginannya yang syar’i. Dalam sebuah mutiara-mutiara hikmah, disebutkan: “Sebaik-baik istri adalah yang ta’at, mencintai, bijak, subur lagi penyayang, pendek lisan (tak cerewet) dan mudah diatur.”

Suami akan sangat gembira ketika mendapatkan istrinya segera mentaatinya, tidak bermalas-malasan dalam menunaikan apa yang dikehendakinya, bahkan terkadang sampai pada taraf kedua-duanya memahami apa yang diingini oleh pasangannya, ia tidak perlu memikirkannya sebelum menyebutkannya.

Itu berarti engkau benar-benar mengharapkan ridha suamimu dan berusaha untuk meraihnya. Dan juga berarti engkau mengetahui jalan menuju jannah.

Rasulullah Shallallaahi ‘alaihi wassallaam bersabda:

“siapa saja wanita yang meninggal sementara suaminya ridho terhadapnya maka ia pasti masuk jannah.” (HR. Ibnu Majah dan Al-Hakim)

Dikutip dari Kuuni Zaujatan Naajihatan, DR. Najla’ As-Sayyid Nayil

RapAT oOhH rAPat

empat tinggal Bunda ini dibilang komplek bukan...dibilang kampung juga bukan...namanya PERUMAHAN PONDOK DAMAI adanya di Kampung Sidamukti...kira-kira perumahan ini bisa disebut kavling...pengembangnya orang asli kampung ini namanya Bp.H.Suhaebun...ya...orang betawi yang terkenal banyak tanahnya...jumlah warganya sekitar 40 kk deh...tapi belum punya RT sendiri, masih ikut sama RT 04 yang ada diluar perumahan ini...cuma ada ketua paguyuban atau ketua KBPD (Keluarga Besar Pondok Damai)...Bunda termasuk salah satu pengurus KBPD jadi sekretaris...
Nah, malam ini masa kepengurusan ketua KBPD masa kerja tahun 2006-2009 berakhir...jadi mau milih ketua yang baru sekalian mau pemekaran RT, bikin RT baru, pisah dengan yang lama...makanya malam ini diadakan rapat...ya...seperti biasa yang dateng ngga lebih dari 15 orang...ngga ada setengah dari jumlah warganya...
Agak susah emang mau milih ketua tapi yang dateng cuma segitu...siapa yang mau dicalonin...??? ada usulan rapat ditunda sampai minggu depan...Bunda bilang mau sekarang atau minggu depan sama aja karena yang dateng rapat orangnya ya itu-itu lagi ngga nambah...atau malah mungkin bisa kurang...akhirnya diputuskan sekarang dengan sistem angket beberapa pilihan calon ketua...
Ngga tau gimana awalnya...tiba-tiba P'Yudi bicara panjang lebar mengemukakan pendapat dan dengan lantang diakhir pembicaraan langsung menunjuk P'Rizal sebagai ketua sekaligus calon ketua RT...diikuti dengan yang lain menyetujui keputusan ini...sebenarnya Bunda agak kurang setuju...tapi karena ini keputusan mau diapain lagi...ikutan aja dech!!!
Rapat oooohhh rapat...

tErjuN BebAS

eperti biasanya Raina ku bangun berbarengan dengan adzan subuh, Raina juga bangunin Ayah Bundanya untuk menunaikan rukun islam ke-2...Klo sudah bangun Raina pasti ngoprek barang yang ada di kepala tempat tidur, trus diambil dan dimasukan kedalam mulutnya...iiihh jijik...

Ayah sudah sering marah sama Bunda untuk segera merapikan yang ada disitu...dan sudah beberapa hari ini kepala tempat tidur bersih dari barang-barang...yang tersisa paling HP...

Nah pagi tadi Raina bangun langsung manjat-manjat kearah HP untuk mengambilnya...biasanya subuh2 selesai sholat Bunda langsung bikin bubur Raina, jadi yang jaga Raina gantian Ayah...atau klo Bang Syafiq sudah bangun ya Bang Syafiq yang Bunda mintain tolong untuk jaga dek Raina...tapi pagi ini semua tertidur pulas karena semalam baru diurut encik jadi enak tidurnya...

Tiba-tiba perut Bunda mules mau kebelakang dan kebetulan sedang haid jadi ngga sholat...niatnya pengen langsung bikin bubur Raina...Bunda bilang sama Ayah tolong jaga Raina...Bunda pikir Ayah ngeh dan tanggap klo Bunda sudah bangun dan mau ke WC ya seperti biasa dech kegiatan di pagi hari...

Selang beberapa menit di kamar mandi Bunda denger suara HP jatuh...eee ngga lama kemudian jatuh lagi HP berikutnya...tiba-tiba yang terakhir koq bunyinya keras banget disertai jerit tangis...Bunda langsung buka pintu kamar mandi masih dengan posisi nongkrong dan teriak...AYAAAAAH RAINA JATUH...si Ayah bukan liat ke bawah malah cari-cari Raina di atas tempat tidur...AYAAAAAH itu RAINA nya dibawah...baru dech si Ayah ngeh klo anaknya dah jatuh...kasian Raina...udah gitu si Ayah ngga bisa bikin Raina diem...Bunda yang masih mules terpaksa menghentikan panggilan alam trus istinja dan langsung gendong Raina...ngga lama Raina diem...denger Bunda teriak Bang Syafiq dan Bang Hirzi juga ikut bangun...akhirnya Raina pindah ke kasur bawah ditemani abang-abangnya dan mereka ber 3 meneruskan mimpi-mimpinya...padahal Bunda udah jaga banget supaya Raina jangan sampe jatuh...eee ternyata...!!!tapi kenapa ya dari 3 anak ini yang bikin jatuh selalu si Ayah...dulu Bang Syafiq padahal didepannya karena keasyikan nonton bulu tangkis, Syafiq di depan mata dibiarkan gelinding ke bawah...Hirzi ditinggal Bunda bikin susu ngga ada 5 menit jatuh padahal ada Ayah yang jaga...hari ini Raina...oooohhh Ayah...tapi klo Bunda yang bikin jatuh pasti Ayah sudah marah-marah...itulah egoisnya LAKI-LAKI...hehehe...Afwan ya Ayah...!!!

mEseM dUyu aCh...

Quotes Myspace Comments



"Tabassumuka fii wajhi akhiika shodaqoh"

Senyummu dihadapan saudaramu adalah sedekah

Muhammad Hilmi Syafiq


ang Syafiq ini sudah membuat Bunda bangga dan senang...wah pasti dia membuat suatu prestasi ya..?? bukan...tapi karena Bang Syafiq sekarang sudah Al Qur'an...mungkin sebagian menganggap biasa aja, but Bunda tidak, why?! karena butuh perjuangan untuk bisa baca Al Qur'an...


Waktu baru masuk kelas 1 Bang Syafiq harus di test Qiro'ati (sistem pembelajaran Al Qur'an di SDIT NF)...padahal di TKB udah Iqro' 2, tapi itu ngga menjamin Bang Syafiq bisa lanjut...akhirnya Bang Syafiq harus puas dengan Qiro'ati 1 lewat hasil test...


Berjalannya waktu dengan semangat Bang Syafiq dia bisa menyelesaikan Qiro'ati 5 di kelas 1 artinya satu langkah lagi untuk mencapai Al Qur'an...namun masih tidak mudah juga karena selesai Qiro'ati 5 Bang Syafiq harus lebih dulu menghafal beberapa ayat di juz 27 dan belajar tajwidnya dulu...wah, segitunya...tapi Bunda pikir bagus juga supaya waktu sudah baca Al Qur'an Bang Syafiq paham bacaan yang baik dan benar menurut ilmu tajwidnya...


Bunda heran juga sama Bang Syafiq, dia begitu semangat kalo cerita tentang pelajaran Qiro'ati dan hafalan Al Qur'annya tanpa harus ditanya...tapi kalo pelajaran lain ditanya juga jawabnya ngga semangat gitu dech..!!


Nah, jadi waktu Qira'ati 6 Bang Syafiq harus 2 kali test untuk bisa lulus dan lanjut ke Al Qur'an...test 1 gagal, sampe rumah langsung laporan "bunda aku ngga lulus test Qiro'ati 6"...Bunda bilang ngga apa-apa...trus waktu test yang ke-2 lulus langsung malam itu juga minta dibeliin Al Qur'an baru, padahal dirumah banyak...akhirnya pergilah kita ke TIP-TOP beli Al Qur'an...biar lebih semangat Bunda pilihin yang lengkap...ehm, harganya juga lumayan...Bunda berharap supaya Bang Syafiq semangat dan giat membaca Al Qur'an...


Alhamdulillah memang Bang Syafiq giat menghafal surat-surat pendek di juz 30...wah Bunda aja hafalan Al Qur'annya belum sejauh yang Bang Syafiq bisa...


Alhamdulillah Ya Allah...walaupun baru mau 8 th nanti bulan Oktober tapi Bang Syafiq sudah hafal banyak juz 30 dan kalo disuruh sholat juga ngga susah lagi...terima kasih Ya Allah

...kEbuN bUNdA jUGa...

Glitter Graphics Myspace Comments




Adenium ini yang paling Bunda suka warnanya...nyaris mati nich pohonnya...alhamdulillah akhirnya bisa berbunga juga...

ini pohon sawo kecik...manis loch buahnya dan ngga berhenti berbuah...


kalo ini pohon mangga...sampe saat ini ngga pernah berbuah kira2 udah 6th selama pindah kerumah ini...Bunda sebutnya pohon mangga lanang...ada 2 pohon yang satu dihalaman depan...

...DaMAi nYa...


etapa damai dan teduhnya wajah-wajah mereka...tanpa beban tanpa dosa...wajah polos dan lugu yang selalu menghiasi hari-hari Bunda dan Ayah...suara tangis mereka...tawa dan canda yang kadang dibalut pertengkaran kecil...tangan-tangan lembutnya...panggilan mesra merajuk meminta sesuatu...senyuman mereka yang membuat hati menjadi tentram...Oh..., Ya Allah Yang Maha Pencipta...betapa besar nikmat yang telah Engkau berikan kepada kami...lengkap sudah anugerah terindah yang Kau titipkan kepada kami...begitu sempurna mereka tak kurang satu apapun...

bang Syafiq bobo dengan guling kesayangannya...

adek Hirzi dengan pose favoritnya

aduh anak gadis koq tidurnya begini sich...

Namun...
Mengapa aku sering merasa jengkel dengan kenakalan-kenakalan yang kerap mereka ciptakan...?
Mengapa aku selalu memarahi makhluk mungil ciptaan-Mu bila mereka melakukan sesuatu yang bertentangan denganku...?
Mengapa aku tidak bisa bersabar menghadapi ulah mereka yang wajar sekali dilakukan anak-anak seusianya...?
Memang karena mereka masih dalam proses mengeksplor diri...
Mereka masih ingin tau dan mencoba hal-hal baru yang mereka dapatkan...
Mereka yang sedang dalam tahap meniru apa yang dilakukan orang dewasa atau mungkin teman-teman mereka...
Tapi, dimana aku...Ibunya yang seharusnya bisa menjadi panutan bagi mereka malah sebaliknya hanya bisa memarahi bukan menasihati dan memberikan kehangatan bagi mereka...Ibu macam apa aku...
Setiap kali aku memarahinya...sedih hatiku, menyesal aku menatap wajah-wajah mungil, polos, lugu tanpa dosa itu tertidur pulas dengan mimpi-mimpi indahnya...
Kupeluk mereka...kuciumi mereka sambil berbisik ditelinganya...AAFKAN BUNDA YA NAK...!!!

a Allah ampuni aku yang selalu menyakiti makhluk kecil ciptaan-Mu...berikanlah aku kesabaran dan keikhlasan dalam mendidik Putera dan Putriku...Amin!!!

...dAPuR bUNdA...


eritanya Bunda dah lama belajar bikin pempek-pempek...kadang jadi sesuai keinginan, tapi kebanyakan gagalnya...soal rasa not bad, paling ngga ayah dan anak-anak suka dan selalu abis kalo Bunda bikin...untuk kali ini Alhamdulillah jadi nich


yang ini sudah digoreng dan siap disantap dengan kuahnya

ini baru selesai direbus


resepnya sederhana aja:


@pempek-pempek
-ikan tenggiri
-sagu tani
-bawang putih secukupnya
-garam secukupnya
-air es untuk nguleni secukupnya


*cara membuat:haluskan ikan tenggiri... campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan + garam...lalu beri air es sedikit demi sedikit (kalo mau terasa ikannya air tidak usah banyak-banyak)...kemudian aduk hingga rata...masukkan saku tani sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan dapat dibentuk sesuai selera...lalu direbus dalam air mendidih hingga mengapung dan angkat...siap digoreng dan disajikan


@kuah
-cabe rawit jawa
-bawang putih
-gula aren
-ebi
-asem jawa


*cara membuat:haluskan cabe + bawang putih + ebi, rebus bersama gula aren dan asem jawa...tambahkan garam + gula pasir...aduk hingga mendidih...


nb:maaf ya untuk ukurannya Bunda ngga punya, karena bikinnya pake filling aja...hehehe
Selamat Mencoba!!

...kEbUN-Ku...

ihat kebunku penuh dengan bunga...ada yang putih, merah, ungu, kuning, pink dan campur-campur...pohon bunga Bunda lagi berbunga nich...

...nah ini adenium yang udah di stek warnanya...

ephorbia-ku

...pohon ini lebih tinggi dari Bunda loch...

...yang ini klo ngga salah nama jenisnya anchor...

...yang ini blood apa gitu...hehehe

...jALaN-JalAn...

ari ini niatnya mo ke Tanah Abang...udah lama banget ngga kesana semenjak hamil 8 bln sampe sekarang Raina 7 bln...ayah kan hari ini ngantor, rencananya ke TA mau ngajak Bang Syafiq n Dek Hirzi karena klo ditinggal kasian mba Rono ngurus 3 anak, bisa makin kecil aja ntar...hehehe. Semua dah siap berangkat dech kita ke TA jam 7.45...janjian ma Ika di depan...sampe depan Ika nya belum ada telpon kerumahnnya lagi mandiin anaknya...nunggu lagi...trus telpon lagi ke HPnya eee...ngga diangkat...ya udah kebetulan angkot 04 ada naik aja daripada nunggu lama ngga ada kepastian jadi ikut apa ngga...waktu di beca menuju stasiun depok lama Ika nelpon...trus dia bilang mau nyusul naik mobil...dia ngajak bareng klo seandainya udah ketinggalan kereta....


Sampe stasiun langsung menuju loket beli karcis...ternyata hari ini ngga ada kereta api express tujuan Tanah Abang karena tanggal merah...dasar udah ngga sekolah, ngga kerja, jadi ngga tau kalo hari ini libur tanggal merah...tanya sama Bang Syafiq dan Dek Hirzi mau kemana...? ikut tante Ika ke TA naik mobilnya apa mau jalan-jalan ke Detos..?! mereka jawab jalan-jalan ke Detos aja Bunda...ya udah akhirnya kita jalan-jalan ke Detos...ngga jadi dech Bunda ke TA cuci mata...

... begitu mesra dan akrabnya mereka...

ati-ati jatoh ya Dek...pegangan yang kuat...

Bang Syafiq bergaya

anak Bunda ganteng-ganteng ya...hehehe

Alhamdulillah mereka pada akur...(karena mau difoto)

...Kasian Raina....

aktu masih mengandung adek aina, Bunda sich udah tau kalo janin yang ada di dalam perut cewek...ya seneng banget karena Bunda kan dah punya 2 jagoan, tapi belum yakin banget karena katanya kalo di USG cewek kemungkinan masih 50%, tapi kalo cowok 90%...akhirnya sampe di USG 3 kali Bunda baru merasa yakin...Alhamdulillah do'a Bunda dikabulkan...

Mulai dech persiapan beli ini itu karena bekas Bang Hirzi udah diminta sodara Bunda ngga nyisain apa-apa cuma kain bedong 5 helai...pengalaman anak 1 & 2 belanja perlengkapan bayi ngga mau terlalu banyak karena cuma sebentar dipakenya...Bunda juga dah kepikiran mau beli anting-anting...tapi pikir-pikir nanti aja dech kalo emang udah lahir dan bener2 cewek....

akhirnya Alhamdulillah lahirlah Raina-ku...waktu udah 2 hari di RS Bunda minta tolong Ayah untuk beli anting biar langsung ditindik...Raina kecil ditindik dan sudah pake anting keliatan ceweknya dech...

Selang 2bl usia Raina, Bunda perhatiin koq lobang kuping Raina ngga sama ya...yang sebelah kiri lebih tinggi dan yang kanan pendek...aduh...Bunda merasa ngga puas nich...akhirnya Bunda copot antingnya dengan harapan lobangnya bisa rapet lagi...memang lama-lama udah mulai rapet...Bunda sich pengennya nanti aja kalo Raina dah 2th baru ditindik lagi...
Semakin hari Raina koq jadi kayak anak laki ya, dengan wajah yang sedikit mirip Bang Hirzi...trus setiap ada orang yang liat Raina selalu tanya laki apa perempuan...? Bunda jawab perempuan...koq ngga dipakein anting, kata orang yang tanya...
Bunda pikir iya juga ya dipakein aja dech ngga apa-apa ngga sama...waktu Bunda mau pakein lagi ternyata lobangnya dah rapet...wah terpaksa dech ditindik lagi...

telinga kanan

telinga kiri


Jadilah hari ini Raina ditindik lagi di Bidan Puji...owa...owa...owa...owa...Raina menangis karena kesakitan...aduh kasian Raina...sakit ya nak, sabar ya sayang...Raina pake anting biar cantik...cup..cup..cup..!! betapa sakit hatinya Raina karena merasa disakiti oleh Bu Puji...Raina-ku menatap Bu Puji dengan sinis...maafin Bu puji ya nak...ternyata Raina ditindiknya ditempat baru bukan dilobang yang sudah ada...sekarang sudah terihat simbang...Alhamdulillah...

...CHILD....

nak-anakmu bukanlah anak-anakmu
Mereka adalah anak-anak kehidupan yang rindu
akan dirinya sendiri.
Mereka dilahirkan melalui engkau tapi bukan
darimu.
Meskipun mereka ada bersamamu tapi mereka
bukan milikmu
Pada mereka engkau dapat memberikan
cintamu, tapi bukan fikiranmu
Karena mereka memiliki fikiran mereka sendiri
Engkau bisa merumahkan tubuh-tubuh mereka,
tapi bukan jiwa mereka
Karena jiwa-jiwa itu tinggal di rumah hari esok,
yang tak pernah dapat engkau kunjungi
meskipun dalam mimpi.
Engkau bisa menjadi seperti mereka, tapi
jangan coba menjadikan mereka sepertimu
Karena hidup tidak berjalan mundur dan tidak
pula berada di masa lalu
Engkau adalah busur-busur tempat anakmu
menjadi anak-anak panah yang hidup diluncurkan.
Sang pemanah telah membidik arah keabadian,
dan ia merenggangkanmu dengan kekuatannya,
sehingga anak-anak panah itu dapat meluncur
dengan cepat dan jauh.
Jadikanlah tarikan tangan sang pemanah itu
sebagai kegembiraan.
Sebab ketika ia mencintai anak-anak panah
yang terbang, maka ia juga mencintai busur
teguh yang telah meluncurkannya dengan
sepenuh kekuatan.

"...Album My3Sya..."